Mau Belanja Buku Murah??


Masukkan Code ini K1-9D2F96-3
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Kamis, Maret 26, 2009

Apakah Game Ratings itu??

Bagi yang pernah bermain video game konsol, baik itu PS2, PS3, XBOX 360, Wii pasti sudah tau atau paling tidak pernah liat kumpulan simbol-simbol seperti gambar dibawah ini (liat Gmbr1).


Gmbr 1: Kumpulan Logo rating video game

Kumpulan logo-logo tersebut biasa disebut rating video games. Rating tersebut dibuat oleh ESRB (Entertainment Software Rating Board). ESRB sendiri adalah suatu organisasi yang memberi nilai atau rating untuk perangkat lunak video games atau komputer di Kanada dan Amerika.

Gmbr 2: Logo ESRB

ESRB didirikan pada tahun 1994 oleh Entertainment Software Association (tadinya bernama Interactive Digital Software Association). Sampai awal tahun 2003, ESRB telah menilai 8000 judul software video game yang telah disampaikan oleh 350 publisher. ESRB mmemberi rating di sebuah video games berdasarkan isi/kontent dari video game itu sendiri.

Tujuan ESRB adalah untuk membantu kita (para konsumen) dalam menentukan pantas atau tidaknya isi/kontent suatu video game untuk kita mainkan.
ESRB menggunakan 7 rating yang berbeda, yaitu
  • EC atau Early Childhood, yaitu rating yang diberikan kepada video games yang kontentnya pantas untuk dimainkan oleh anak usia 3 tahun ke atas. Games yang masuk dalam rating ini biasanya untuk anak kecil dan bersifat mendidik.
Contoh games yang termasuk rating EC adalah games yang biasanya berdasarkan pada TV show pada masa kanak-kanak.

Gmbr 3: logo EC atau Early Childhood
  • E atau Everyone, yaitu rating yang diberikan kepada video games yang kontentnya tidak pantas untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun. Games yang termasuk dalam rating ini biasanya berisi gambar-gambar kartun dan mempunyai kontent yang ada sedikit kekerasan dan sedikit penggunaan kata-kata kasar.
Contoh games yang termasuk rating E adalah Sonic Adventure, The Legend of Zelda: The Wind Waker, Super Mario Sunshine, Lego Star Wars: The Video Game and New Super Mario Bros.

Gmbr 4: logo E atau Everyone
  • E10+ (Everyone ten and older), yaitu rating yang diberikan kepada video games yang kontentnya tidak pantas untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun. Games yang termasuk dalam rating ini biasanya berisi lebih banyak gambar-gambar kartun dan mempunyai kontent yang ada sedikit kekerasan, sedikit penggunaan kata-kata kasar, sedikit pertumpahan darah.
Contoh games yang termasuk rating E10+ adalah Madagascar, Lego Star Wars, Meet the Robinsons, Kingdom Hearts II, TMNT, Sonic Unleashed, Spore, and Sly 3: Honor Among Thieves.

Gmbr 5: logo E10+ (Everyone ten and older)
  • T atau Teen, yaitu rating yang diberikan kepada video games yang kontentnya tidak pantas untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun. Games yang termasuk dalam rating ini biasanya mempunyai kontent yang ada kekerasan, lelucon yang kasar, penggunaan kata-kata kasar, sedikit pertumpahan darah.
Contoh games yang termasuk rating T adalah WWE SmackDown vs. Raw 2009, The Sims series, Soulcalibur IV, Mirror's Edge, The World Ends With You, dua games dari serial Need for Speed (Most Wanted, Undercover) dan Impossible Creatures.

Gmbr 6: logo T atau Teen
  • M atau Mature, yaitu rating yang diberikan kepada video games yang kontentnya pantas untuk usia 17 tahun ke atas. Games yang termasuk dalam rating ini biasanya mempunyai kontent yang ada kekerasan yg keras bila dibandingkan degan kategori rating Teen, pertumpahan darah yang banyak, adegan seksual, penggunaan kata-kata kasar yang sering.
Contoh games yang termasuk rating M adalah Halo: Combat Evolved, Fallout 3, Resident Evil, Rainbow Six: Vegas, Call of Duty 4: Modern Warfare, Gears of War, Hitman: Contracts, and Mortal Kombat: Deception.

Gmbr 7: logo M atau Mature
  • AO atau Adults Only, yaitu rating yang diberikan kepada video games yang kontentnya pantas untuk usia 18 tahun ke atas. Games yang termasuk dalam rating ini biasanya mempunyai kontent yang ada kekerasan yg banyak, pertumpahan darah yang banyak, adegan seksual atau telanjang, penggunaan kata-kata kasar yang sering.
Contoh games yang termasuk rating AO adalah Grand Theft Auto: San Andreas and Manhunt 2.

Gmbr 8: logo AO atau Adults Only
  • RP atau Rating Pending, yaitu games yang telah didaftarkan ke ESRB tapi masih dalam proses menunggu pemberian rating. Bisa dibilang ratingnya masih di pending alias di tunda ^^!. Simbol atau logo ini hanya tampak pada saat melakukan pengiklanan atau sebelum di rilis ke pasaran.

Gmbr 9: logo RP atau Rating Pending

Itulah ke tujuh rating yang diberikan oleh ESRB kepada video games yang akan kita mainkan. Jadi, pilihlah games yang sesuai dengan usia dan umur kalian yah? ~.~v

0 komentar:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.